Penyebab Penyakit Kulit Dermatitis Seboroik dan Cara Mengatasinya

Penyakit kulit merupakan penyakit yang kerap terjadi pada bayi dengan berbagai faktor penyebab. Salah satu penyakit kulit yang bisa terjadi pada bayi adalah dermatitis seboroik. Penyakit ini membuat kondisi kulit bayi terlihat bersisik dan berkerak yang kerap terjadi pada bagian kepala, belakang telinga, dan lipatan kulit. Ini penyebab dan cara mengatasinya.

Penyakit Kulit Dermatitis Seboroik Pada Bayi

Apa Penyebab Terjadinya Dermatitis Seboroik pada Bayi?
1. Aktivitas kelenjar minyak pada kulit bayi yang berlebihan
2. Adanya jamur malassezia yang terdapat di kulit berminyak
3. Lemahnya sistem kekebalan tubuh pada bayi

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Kulit Dermatitis Seboroik?

1. Gunakan Baby Oil
Gunakan baby oil dengan mengoleskannya pada kepala bayi sebelum dicuci. Oleskan secara perlahan sambil dipijat dengan lembut. Tujuannya untuk membuat dan sisik di kulit kepala menjadi lunak dan lebih mudah terlepaskan sehingga tidak membuat bayi merasa sakit. Setelah selesai bilas kepala bayi dengan air hangat-hangat kuku hingga bersih.

Anda juga bisa membersihkannya dengan menggunakan handuk berbahan lembut yang telah direndam dengan air hangat. Selain baby oil, Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun atau petroleum jelly untuk melakukan pijatan pada kepala bayi.

2. Gunakan Sampo Khusus Bayi
Kulit kepala bayi yang mengalami dermatitis seboroik rentan dan akan membuat bayi merasakan sakit. Anda perlu memakai sampo bayi yang ringan dan aman tanpa menimbulkan iritasi yang memperparah kondisi kulitnya.

Sampo bayi yang aman pasti telah teruji secara dermatologi dengan kandungan yang tidak berbahaya. Seperti kandungan selenium sulfide, Salicylic acid dan sulfur yang dapat diserap kulit kepala dan menimbulkan keracunan.

Anda bisa membeli sampo yang aman untuk bayi tanpa menimbulkan iritasi dan juga kandungan berbahaya di toko perlengkapan bayi Orami. Ada berbagai varian sampo bayi yang tersedia dengan harga diskon lebaran sale hingga 30% . Tidak hanya sampo baby oil yang untuk pijat juga tersedia dengan harga diskon.

3. Gunakan Sisir
Sikat kepala anak Anda dengan menggunakan sisir yang lembut sehingga membantu kerak di kulit kepala menjadi terkelupas dan membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Setelah menggunakan sisir segera cuci sisir agar selalu dalam keadaan bersih.

4. Konsultasikan ke Dokter
Jika keadaan kulit yang terkena dermatitis seboroik yang tidak segera membaik dan berlangsung lama segera konsultasi ke dokter. Anda akan diberikan krim anti jamur seperti clotrimazole, econazole, dan juga miconazole untuk membantu membersihkan ruam dan mengatasi kulit berminyak pada bayi Anda.

Kebersihan bayi perlu dijaga sejak bayi lahir karena kulitnya yang masih sangat sensitif dan kekebalan tubuhnya yang rentan. Anda perlu memberikan perawatan yang terbaik pada bayi dengan menggunakan perlengkapan bayi yang aman dari zat berbahaya. Pastikan tidak ada perlengkapan yang akan menimbulkan alergi pada kulit bayi Anda.

Related Posts

Penyebab Penyakit Kulit Dermatitis Seboroik dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini